Detail Cantuman Kembali
DWI NURFITIANI - Personal Name

INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SP4N-LAPOR! (LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SAMARINDA

Dwi Nurfitriani, 2002026065, Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Muhammad Reza Fahlevy, S. Sos., M. Si, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dari Inovasi Pelayanan Publik SP4N-LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota
Samarinda. Penelitian dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi, dan sumber data sekunder yang didapat dari jurnal, artikel dan lainnya yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada teori atribut inovasi menurut Rogres, memiliki 5 atribut yang dilaksanakan dalam penerapan Inovasi SP4NLAPOR! yaitu keuntungan relatif, Inovasi SP4N-LAPOR memiliki nilai lebih dan manfaat untuk Masyarakat yang menggunakannya terutama dalam hal kepuasan. Kesesuaian, dalam penerapannya sudah disesuiakan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) tingkat pusat dan tingkat Kota Samarinda, hadirnya SP4NLAPOR! disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah dan Masyarakat. Kerumitan, pada penerapan Inovasi SP4N-LAPOR! memberikan kemudahan bagi penggunanya. Kemungkinan dicoba, hadirnya Inovasi SP4N-LAPOR! berdampak pada kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda. Dan Kemudahan Diamati, Inovasi SP4N-LAPOR! sudah diterima oleh sebagian Masyarakat Kota Samarinda yang menjadi sasaran utama Inovasi ini. Kemudian dalam penerapan Inovasi SP4NLAPOR! ini juga terdapat faktor pendukung dan penghambat dari pihak Internal
maupun Eksternal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Inovasi SP4N-LAPOR! di Diskominfo Kota Samarinda telah dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan dari dihadirkannya Inovasi ini yaitu sebagai bentuk inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan respon pemerintah terhadap hal apa yang menjadi keresahan dan kebutuhan Masyarakat, khususnya Masyarakat Kota Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SP4N-LAPOR! (LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT) OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SAMARINDA
Pengarang DWI NURFITIANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DWI p 2024
Subyek Pelayanan Publik
inovasi
SP4N-LAPOR!
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua