AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER PADA SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA
Penerapan teknologi media pembelajaran membantu guru mengefektifkan metode pembelajaran yang diterapkan, terutama dalam penyampaian materi yang membutuhkan penjelasan proses yang lebih jelas dan nyata. Banyak siswa-siswi SMK TI Airlangga Samarinda yang masih menggunakan buku dalam sistem media pembelajaran, terutama mata pelajaran desain komunikasi visual pada bab pengenalan perangkat. Melihat permasalahan tersebut dibuatlah aplikasi media pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer yang menggabungkan teknologi Augmented Reality dengan AR Book. Aplikasi ini akan dibuat dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dengan tujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menatik dan proses penyampaian materi yang lebih jelas serta pemahaman siswa terhadap perangkat keras computer (hardware) dapat tercapai dikarenakan penggunaan objek 3D beserta penjelasan, suara narasi untuk memperjelas penjelasan yang disajikan dan dapat berinteraksi langsung melalui aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2023, penelitian dilakukan pada 60 siswa kelas X, XI, XII, yang dimana berdasarkan hasil penggunaan aplikasi media pembelajaran menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada aspek Technology Acepptance Model. Perceived Usefulness sebanyak (80%, 81,87%), Perceived Ease Of Use sebanyak (78,75%, 82,5%), Attitude Toward Using sebanyak (81,87%, 76,87%), Behavioral Intention To Use sebanyak (75,31%, 74,37%), Actual System Use sebanyak (81,25%, 78,12%).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER PADA SMK TI AIRLANGGA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Asyhab Ramadhan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ASY a 2024 |
Subyek | Augmented Reality Marker Based Tracking Hardware |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY