Detail Cantuman Kembali
Indra Agustiawan Suwandy - Personal Name

PENERAPAN MODEL PROBLM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Permainan Sepak Bola Di SMA Negeri 2 Tenggarong. Penelitian ini di bawah bimbingan bapak Nurjamal S,Pd., M,Pd. Selaku pembimbing I dan bapak Muhammad Rifai, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II. Penggunaan model problem based learning (PBL) merupakan model pendekatan pembelajaran yang menekankan pada peserta didik baik aktivitas berfikir, berperilaku dan berketerampilan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan perbandigan antara hasil tes data siklus I dan sikuls II dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendeskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur aktivitas guru dan peserta didik menggunakan sistem rata-rata kelas X 7 SMA Negeri 2 Tenggarong dalam pembelajaran mata pelajaran teknik dasar sepak bola mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian. Dari hasil observasi diatas maka dapat dinyatakan aktivitas guru diperoleh 79,6% berdasarkan pelaksanaan observasi aktivitas guru adalah kriteria baik. Aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas visual dari 59% menjadi 76%, oral dari 39% menjadi 69%, listening dari 64% menjadi 71%, writing dari 50% menjadi 60%, drawing 36% menjadi 44%, motor dari 63% menjadi 85%, mental dari 65% menjadi 91%, emotional 80% menjadi 98%. Prolehan kelas dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,2 setelah dilakukan pembelajaran ke siklus II ini mengalami peningkatan, peningkatan tersebut dengan nilai rata-rata kelas menjadi 85,6. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pembelajaran teknik dasar sepak bola SMA Negeri 2 Tenggarong.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL PROBLM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG
Pengarang Indra Agustiawan Suwandy - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND p 2024
Subyek Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
), Teknik Dasar Sepak Bola
Aktivitas Siswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Jasmani
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua