Detail Cantuman Kembali
Selfiana Putri - Personal Name

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP

Putri, Selfiana 2024. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesikan Soal Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Rusdiana, M. Pd dan (II) Dr. Zainuddin Untu, M. Pd Siswa melakukan banyak kesalahan dalam mengerjakan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar, hal ini bisa menjadi petunjuk sejauh mana tingkat penguasaan materi mereka. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 47 siswa dan objek penelitian ini adalah jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan wawancara. Subjek wawancara sebanyak 5 siswa, dengan kriteria siswa yang melakukan paling banyak kesalahan. Dalam penelitian ini menggunkan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa melakukan beberapa jenis kesalahan yaitu: (1) Kesalahan membaca, (2) Kesalahan memahami masalah, (3) Kesalahan transformasi masalah, (4) Kesalahan keterampilan proses, dan (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun penyebab kesalahan-kesalahan tersebut, yaitu: (1) Kesalahan membaca disebabkan siswa tidak menguasai materi pembelajaran, (2) Kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (3) Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa tidak memiliki kesempatan karena waktu yang hampir habis, serta siswa mengabaikannya karena merasa tidak perlu, (4) Kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasK perhitungan pada soal, dan (5) Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dia kerjakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP
Pengarang Selfiana Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEL p 2024
Subyek Bangun Ruang Sisi Datar
Kesalahan Siswa
Soal Matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua