Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP
Putri, Selfiana 2024. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesikan Soal Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Rusdiana, M. Pd dan (II) Dr. Zainuddin Untu, M. Pd Siswa melakukan banyak kesalahan dalam mengerjakan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar, hal ini bisa menjadi petunjuk sejauh mana tingkat penguasaan materi mereka. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 47 siswa dan objek penelitian ini adalah jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan wawancara. Subjek wawancara sebanyak 5 siswa, dengan kriteria siswa yang melakukan paling banyak kesalahan. Dalam penelitian ini menggunkan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa melakukan beberapa jenis kesalahan yaitu: (1) Kesalahan membaca, (2) Kesalahan memahami masalah, (3) Kesalahan transformasi masalah, (4) Kesalahan keterampilan proses, dan (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun penyebab kesalahan-kesalahan tersebut, yaitu: (1) Kesalahan membaca disebabkan siswa tidak menguasai materi pembelajaran, (2) Kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (3) Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa tidak memiliki kesempatan karena waktu yang hampir habis, serta siswa mengabaikannya karena merasa tidak perlu, (4) Kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasK perhitungan pada soal, dan (5) Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dia kerjakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP |
---|---|
Pengarang | Selfiana Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SEL p 2024 |
Subyek | Bangun Ruang Sisi Datar Kesalahan Siswa Soal Matematika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY