PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS IX SMP NEGERI 1 BARONG TONGKOK
Barek, Yuliana. 2024. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Asyril, M.Si dan (II) Drs. Berahman, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi persamaan kuadrat di kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sebanyak 35 orang, dan objeknya adalah penerapan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, penugasan, observasi, dan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model Problem Based Learning. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis dan persentase ketuntasan kelas yakni dari siklus I hingga siklus III telah melampauhi standar yaitu 38,4 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 16% pada siklus I meningkat menjadi 72,1 dengan persentase ketuntasan kelas yaitu 72% pada siklus II. Dan selanjutnya meningkat menjadi 87,71 dengan persentase ketuntasan kelas yaitu 88% pada siklus III. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran siklus I termasuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat dengan kategori baik dan pada siklus III meningkat dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, maka disarankan agar model Problem Based Learning perlu diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktifivas guru dan peserta didik dalam pembelajaran Matematika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS IX SMP NEGERI 1 BARONG TONGKOK |
---|---|
Pengarang | YULIANA BAREK - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUL P 2024 |
Subyek | Berpikir Kritis Problem Based Learning Kemampuan Peningkatan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY