Detail Cantuman Kembali

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL BRIANNA DAN BOTTOMWISE KARYA ANDREA HIRATA (KAJIAN PSIKOLOGI ALFRED ADLER)

Dalam kehidupan nyata atau cerita, setiap karakter memiliki watak dan kepribadian berbeda. Kepribadian yang berbeda-beda ini menunjukkan bagaimana mentalitasnya, perbedaan perasaan dan perilaku seseorang, khususnya kepribadian. Dalam pola perilaku yang dimiliki oleh seseorang biasanya memiliki kepribadian yang lebih dominan sehingga bisa menilai jenis karakter dan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.
Salah satu contoh kepribadian yang dimaksud ialah tokoh Bottomwise yang terdapat pada novel Brianna dan Bottomwise karya Andrea Hirata. Tokoh Bottomwise yang bekerja sebagai detektif swasta. Saat tersebar berita hilangnya gitar John Musiciante, untuk mengejar masa emas penyelidikan 48 jam pertama, selain bekerja dengan polisi, manajer Musiciante menelepon detektif swasta yang berpengalaman mencari barang-barang hilang milik selebriti. Detektif swasta tersebut ialah Bottomwise. Bottomwise digambarkan sebagai sosok perempuan berumur 29 tahun dan mempunyai fisik yang lebih tua dibandingkan umurnya. Bottomwise memiliki sifat yang egois dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Bottomwise memiliki sifat yang egois dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Bottomwise juga digambarkan memiliki sifat yang pantang menyerah dan pekerja keras dalam penanganan kasus pencurian itu. Peneltiian ini merupakan penelitian kepustakaan karena yang akan diteliti adalah teks tertulis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat dan paragraf yang ada dalam novel Brianna dan Bottomwise. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian psikologi individual Alfred Adler.
Berdasarkan analisis dan pembahasan, tokoh Bottomwise memiliki bentuk kepribadian sebagai berikut. (1) Perjuangan menuju sukses atau superioritas, (2) Gaya hidup, dan (3) Daya kreatif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL BRIANNA DAN BOTTOMWISE KARYA ANDREA HIRATA (KAJIAN PSIKOLOGI ALFRED ADLER)
Pengarang Fatia Rahmi Nurfadillah Muhdi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT k 2024
Subyek Novel
perjuangan
psikologi
Alfred Adler
Bentuk Kepribadian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua