ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023
Inas Atika Zudib, 2024. Analisis Kemampuan Penalaran Matematika pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Drs. Berahman, M.Si dan Auliaul Fitrah Samsuddin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di SMA Negeri 15 Samarinda. Pelaksanaan penelitian pada bulan Mei 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan penalaran matematika. Adapun instrument penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung berupa tes tertulis dalam bentuk uraian, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari mentranskip data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hanya mampu mencapai indikator mengajukan dugaan dan memanipulasi matematika, untuk indikator yang lain tidak memenuhi dengan benar dan tepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda dikategorikan rendah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | INAS ATIKA ZUDIB - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI INA a 2024 |
Subyek | Matematika Kemampuan Penalaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY