Detail Cantuman Kembali
Wahyu Ramadhani - Personal Name

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN PERIKANAN UMKM KOTA SAMARINDA (Studi Kasus: UMKM IBIBFood Samarinda)

GEMARIKAN, sebuah kampanye dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda, bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan selama pandemi COVID-19 dan mempromosikan digitalisasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor perikanan. Upaya ini sejalan dengan dorongan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk transformasi digital UMKM guna meningkatkan daya saing dalam era Industri 4.0. UMKM IBIBFood mengalami peningkatan omzet dari Rp. 95.500.000 pada tahun 2019 menjadi Rp. 115.000.000 pada tahun 2020 karena pembelian dalam jumlah besar selama pandemi. Namun, upaya pemasaran mereka secara keseluruhan menurun. Menggunakan internet untuk pemasaran menawarkan alternatif yang lebih hemat biaya dengan jangkauan yang lebih luas, seperti situs web e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk membantu IBIBFood dengan membuat situs web e-commerce untuk mempromosikan produk olahan ikan mereka. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC), mengumpulkan data melalui wawancara dan kuesioner. Pengujian web e-commerce dengan 26 responden menunjukkan tingkat kelayakan "Sangat Layak" dengan persentase 85,85%. Situs web tersebut memenuhi kebutuhan fungsional yang telah diidentifikasi, menjadikannya layak untuk digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN PERIKANAN UMKM KOTA SAMARINDA (Studi Kasus: UMKM IBIBFood Samarinda)
Pengarang Wahyu Ramadhani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAH p 2024
Subyek UMKM
e-commerce
SDLC
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua