Pengaruh E-Servqual dan Brand Image Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Shopee.Id Tahun 2023
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-servqual dan brand image terhadap e-satisfaction di Shopee.id. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausal, serta menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang diterapkan mencakup uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa e-servqual (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction (Y), dengan nilai thitung sebesar 3,358 yang lebih besar dari t-tabel 1,985 serta nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa e-servqual (X1) yang baik meningkatkan e-satisfaction (Y) secara signifikan. Brand image (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction (Y), dengan nilai t-hitung sebesar 8,120 yang lebih besar dari t-tabel 1,985 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal Ini menunjukkan bahwa brand image (X2) yang kuat juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan e-satisfaction (Y). Hasil uji simultan memperlihatkan bahwa kedua variabel e-servqual (X1) dan brand image (X2), secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction (Y), dengan nilai F-hitung sebesar 211,479 yang lebih besar dari F-tabel 3,94 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R-squared (R²) yang diperoleh sebesar 0,814 menunjukkan bahwa 81,4% variasi dalam e-satisfaction (Y) dapat dijelaskan oleh e-servqual (X1) dan brand image (X2), sementara sisanya sebesar 18,6% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh E-Servqual dan Brand Image Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Shopee.Id Tahun 2023 |
---|---|
Pengarang | Annisafazzahra - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN p 2024 |
Subyek | brand image E-Satisfaction E-Servqual |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY