Detail Cantuman Kembali
Agus Budiarto - Personal Name

PENGARUH PENGGABUNGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013

ABSTRAK

Agus Budiarto, 2015. Penggabungan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Samarinda Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur. Pembimbing (1)Dr.Elsje T. Maasawet. M.Pd, (2)Dr. Sonja V. T. Lumowa, M.Kes
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggabungan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 kota Samarinda tahun pembelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A dan VIII-B SMP Negeri 11 kota Samarinda sebagai sampel dengan populasi seluruh siswa Kelas VIII. Untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa diberikan soal pre test diawal pelajaran dan post test diakhir pelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 kota Samarinda. Analisis data menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan 5%, maka terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan penggabungan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stik, dan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 kota Samarinda.
Berdasarkan data yang diperoleh maka kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick terbukti lebih efektif bila dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional
(ceramah) dilihat dari persentase rata-rata nilai Hasil Belajar pada kelas yang
menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick
yaitu Kelas VIII-A nilai rata-rata yaitu 83,83, sedangkan kelas VIII-B yang
menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-ratanya yaitu 70,17.
Kata Kunci : Pembelajaran Think Pair Share (TPS)dan Talking Stick, Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGABUNGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013
Pengarang Agus Budiarto - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua