Detail Cantuman Kembali
Ardiyono Sigalingging - Personal Name

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.) DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH DAPUR

ARDIYONO SIGALINGGING. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.) dengan Aplikasi Pupuk Organik Cair Limbah Dapur, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (di bawah bimbingan Dr. Odit Ferry Kurniadinata, S.P., M.Si.).
Tanaman terung ungu merupakan tanaman dengan nilai ekonomi yang tinggi dengan cita rasa yang unik serta mempunyai kandungan gizi yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Produksi terung di Samarinda menduduki posisi ke-5 dari 10 kabupaten di wilayah Kalimantran Timur. Salah satu penyebab rendahnya produksi terung di Samarinda adalah alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan industri dan pemukiman. Solusi yang dilakukan pemerintah adalah mencanangkan program urban farming dengan menerapkan prinsip pertanian organik. Oleh karena itu perlu adanya terobosan baru dalam mendukung program urban farming dengan menerapkan sistem pertanian organik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara konsentrasi dan interval pemberian POC limbah dapur terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu, pengaruh konsentrasi POC limbah dapur terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu, dan untuk mengetahui pengaruh interval pemberian POC limbah dapur terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu.
Penelitian ini dilakukan di Makroman, kecamatan Sambutan, Kalimantan Timur dimulai dari bulan Desember 2023 hingga Maret 2024. Metode penelitian meliputi persemaian, persiapan media tanam, pindah tanam, aplikasi POC, pemeliharaan hingga panen. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dimana faktor utama adalah konsentrasi POC dan interval waktu pemberian POC. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam dan diuji lanjut menggunakan uji beda nyata terkceil (BNT) pada taraf nyata 5% untuk membandingkan antara dua rata- rata perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi tidak berpengaruh terhadap parameter pertumbuhan. Interaksi antara konsentrasi 200 mL dengan interval 2 kali sebulan memberikan hasil tertinggi pada parameter berat total buah yaitu 242,28 g per tanaman. Faktor utama konsentrasi tidak berpengaruh terhadap parameter pertumbuhan. Konsentrasi POC limbah dapur 150 mL memberikan hasil berat total buah terbaik yaitu 221,78 g per tanaman. Faktor utama interval pemberian POC tidak berpengaruh terhadap parameter pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.) DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH DAPUR
Pengarang Ardiyono Sigalingging - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARD p 2024
Subyek POC limbah dapur
terung ungu (Solanum melongena L.)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua