Detail Cantuman Kembali
Irma Adella Putri - Personal Name

Resepsi Khalayak terhadap Konflik Keluarga dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman)

Film merupakan bagian dari komunikasi massa dan sebagai media penyebaran informasi kepada masyarakat. Film adalah gambaran hidup dan berisi cerita sosial. Film Ngeri-Ngeri Sedap adalah film yang memiliki makna keluarga. Film Ngeri-Ngeri Sedap merupakan salah satu karya film dari Bene Dion mengangkat tema tentang konflik di dalam kehidupan keluarga suku Batak yang realitas sehingga penonton bisa memaknainya secara berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana khalayak memaknai konflik keluarga dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada lima informan yang terpilih sesuai dengan kriteria penelitian. Fokus penelitian teori resepsi milik Stuart Hall dengan membagi 3 kategori yakni dominant hegemonic position, negotiated position, dan oppositional position. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan film masih memengaruhi khalayak dalam memahami pesan film dari segi penunjang seperti latar belakang informan dan kehidupan sosial. Konflik di film antara orang tua dan anak seperti perbedaan dalam pandangan pernikahan, cita-cita, dan pekerjaan. Ditemukan informan terbagi pada negotiated position dan oppositional position. Pada negotiated position terdapat informan 3 dan 4 yang berarti memahami makna film, tetapi beberapa menolak menerapkannya. Pada oppositional position terdapat informan 1, 2, dan 5 yang menolak konflik keluarga di film Ngeri-Ngeri Sedap.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Resepsi Khalayak terhadap Konflik Keluarga dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman)
Pengarang Irma Adella Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRM r 2024
Subyek Analisis Resepsi
Konflik Keluarga
Film Ngeri-Ngeri Sedap
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua