Detail Cantuman Kembali
Huscnul Khatima - Personal Name

IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASIS PRO-LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 SAMARINDA (MATERI : PEMANASAN GLOBAL)

Permasalahan yang terjadi dalam lingkungan sekolah yaitu kurangnya informasi dalam meningkatkan perilaku yang mencerminkan kepeduliaan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda setelah menerapkan bahan ajar berbasis pro-lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian one group pretestposttest design. Sampel yang digunakan berjumlah 34 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan essai serta kuesioner tentang perilaku pro-lingkungan pada materi pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest sebesar 38,87 menjadi 78,68, dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,64 pada kategori sedang. Perilaku pro-lingkungan juga mengalami peningkatan dari pretest sebesar 75,32% menjadi 83,53% dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,33 pada kategori sedang. Dengan demikian, penerapan bahan ajar berbasis pro-lingkungan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan dan penyesuaian kurikulum agar lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan perilaku pro-lingkungan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASIS PRO-LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 SAMARINDA (MATERI : PEMANASAN GLOBAL)
Pengarang Huscnul Khatima - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HUS i 2024
Subyek Hasil Belajar
Perilaku
Bahan Ajar Pro-lingkungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua