Detail Cantuman Kembali
ADHE DELFHIA AGATHA - Personal Name

UPAYA PEMENUHAN TARGET INDONESIA PADA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS 13.3 MELALUI TAMAN NASIONAL KAYAN MENTARANG

Adhe Delfhia Agatha, NIM 2002046024, “Upaya Pemenuhan Target Indonesia Pada Sustainable Development Goals 13.3 Melalui Taman Nasional Kayan Mentarang”, dalam bimbingan Dr. Sonny Sudiar, S.IP, MA. Program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Taman Nasional Kayan Mentarang atau TNKM merupakan kawasan hutan konservasi terluas yang terletak di provinsi Kalimantan Utara. TNKM juga merupakan satu-satunya Kawasan Suaka Alam (KSA) dan Kawasan Pelestarian Alam (KPA) di provinsi Kalimantan Utara. Program konservasi pada TNKM menggunakan sistem pengelolaan kolaboratif mengacu pada upaya pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs) No.13 didalam target indikator 13.3 di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan langkah dan mengidentifikasi bentuk upaya pemenuhan target SDGs 13.3 didalam pengelolaan konservasi melalui Taman Nasional Kayan Mentarang. Penelitian ini menggunakan teori environmentalism dari Kate O’Niell dan konsep Sustainable Development Goals. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumen terkait dan dianalisi menggunakan teknik Successive Approximation. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan upaya TNKM berkaitan pada pemenuhan indikator SDGs 13.3.
Hasil dari penelitian menjelaskan Taman Nasional Kayan Mentarang memiliki strategi dalam penangganan perubahan iklim. Upaya konservasi Taman Nasional Kayan Mentarang melalui pemanfaatan sumber daya alam berbasis pada kearifan lokal, partisipasi masyarakat bersama polhut dalam kegiatan pengamanan dan perlindungan kawasan, dan juga pendidikan dan kesadaran konservasi untuk masyarakat. Mengingat bahwa TNKM menggunakan pengelolaan kolaboratif yang merujuk pada upaya pemenuhan target SDGs 13.3 yang berfokus pada pendidikan kesadaran dan kapasitas terkait mitigasi adaptasi perubahan iklim. Maka itu, keberadaan TNKM memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat terhadap lingkungan, dengan pengetahuan akan konservasi memberikan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap upaya lingkungan yang berkelanjutan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA PEMENUHAN TARGET INDONESIA PADA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS 13.3 MELALUI TAMAN NASIONAL KAYAN MENTARANG
Pengarang ADHE DELFHIA AGATHA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADH u 2024
Subyek lingkungan
Kawasan Konservasi
SDGs
TNKM
Pengelolaan Kolaboratif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan HUBUNGAN INTERNASIONAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua