Detail Cantuman Kembali
Laila Fatimatu Zhah'ro' - Personal Name

PERAN INSTRUKTUR DALAM PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT BUSANA WANITA DI LKP MENJAHIT RACHMA KOTA SAMARINDA

Laila Fatimatu Zhahro. 2024 Peran Instruktur Dalam Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Di LKP Menjahit Rachma Kota Samarinda. Penelitian Ini Dibimbing Oleh Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Andi Ismail Lukman, S.Pd,. M.A Selaku Pembimbing II.
Masyarakat yang kurang menguasai kecakapan hidup berupa skill keterampilan membutuhkan instruktur untuk dapat meningkatkan serta memiliki keahlian dengan memberikan pelatihan keterampilan dalam bidang menjahit. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan Peran Instruktur Dalam Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita di LKP Menjahit Rachma Kota Samarinda. 2) mendekripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi instruktur dalam meningkatkan keterampilan melalui pelatihan menjahit busana wanita di LKP Menjahit Rachma Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi pengelola lembaga, instruktur, dan peserta kursus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan wawancara sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran instruktur dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan menjahit busana wanita memenuhi perannya sebagai informator, dan fasilitator, motivator. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi instruktur dalam meningkatkan keterampilan melalui pelatihan menjahit busana wanita, untuk faktor pendukung yaitu adanya peran instruktur, sarana dan prasarana yang memadai sedangkan untuk faktor penghambat yaitu lokasi untuk pelaksanaan pelatihan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN INSTRUKTUR DALAM PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT BUSANA WANITA DI LKP MENJAHIT RACHMA KOTA SAMARINDA
Pengarang Laila Fatimatu Zhah'ro' - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LAI p 2024
Subyek Pelatihan
peran instruktur
Menjahit Busana
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua