Efektivitas Pendekatan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas iV SDN 021 Sungai Kunjang
Fathatul Aulia. 2024. Efektivitas Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 021 Sunagi Kunjang. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing I : Muhlis, S.Pd, M.Pd., Pembimbing II: Rosita Putri Rahmi, S.Pd.,. Hasil belajar IPAS di Kelas IV SDN 021 Sungai Kunjang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak bervariatif sehingga kurangnya minat belajar siswa dan minimnya pengetahuan guru tentang pendekatan dan model pembelajaran terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektvitas pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV SDN 021 Sungai Kunjang dalam materi mengubah bentuk energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent pre test – post test control group design. Instrumen berupa soal essay. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran IPAS dengan menggunakan pendekatan STEAM memperoleh nilai rata-rata 85,86 sedangkan pembelajaran IPAS tanpa menerapkan pendekatan STEAM memperoleh nilai rata-rata 70,93. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEAM efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil uji independet sampel t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 ˂ 0,05 maka H1 diterima. Tingkat efektivitas pada penelitian ini juga dibuktikan dengan Uji NGain sebesar 0,67 dengan kriteria cukup efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 021 Sungai Kunjang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Pendekatan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas iV SDN 021 Sungai Kunjang |
---|---|
Pengarang | Fathatul Aulia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAT e 2024 |
Subyek | Efektivitas STEAM IPAS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY