Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda
Muhammad Nazar Amir, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Much. Samsul Huda, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. Muh. Ramli Buhari, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dimana Siswa akan lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan memecahkan masalah. Cara mengetahui sebuah pembelajaran sudah maksimal dengan cara memberikan tes hasil belajar terhadap siswa. Siswa sudah dapatmemahami pembelajaran yang telah diberika ataupun tidak. Dalam penilaian pra-siklus yang dilakukan untuk mengetahui seberapa berhasil sebuah pembelajaran permainan bola voli Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda hanya 14 Siswa (40%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran pendidikan olahraga yaitu 75, sedangkan 21 Siswa (60%) lainnya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada penelitian ini terdapat peningkatan yang baik dimana Siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I menjadi 54,29% dan pada siklus II menjadi 91,43%. Yang dimana membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini lebih efektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD NAZAR AMIR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Pembelajaran Problem Based Learning permainan bola voli |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Jasmani |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY