PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Sulfaidah, 2023. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Pembimbing (I) Dr.H. Zulkarnaen, M.Si (II) Prof. Dr. H. Mukhamad Nurhadi, M.Si
Pengembangan e-modul mata pelajaran kimia kelas XI di MA DDI Bontang merupakan inovasi pembelajaran kimia. Pengembangan e-modul berbasisproblem based learning (PBL) sangat penting untuk dikembangkan karena dibutuhkan bahan ajar yang praktis dan tidak monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran kimia berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi laju reaksi yang valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evalutie). Produk yang dihasilkann berupa e-modul berbasis PBL. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, kuisioner, soal pretest dan soal postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan e-modul berbasis PBL materi laju reaksi menghasilkan produk bahan ajar e-modul berbasis PBL melalui model ADDIE, produk pengembangan e-modul berbasis PBLterbukti sangat layak dari aspek materi (90,0%), aspek media (87,0%). Produk e-modul berbasis PBL ternyata efektif meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Hasil postes siswa rata-rata 85,4 sesudah menggunakan emodul berbasis PBL jauh lebih tinggi dibandingkan nilai pretes rata-rata 52,0 sebelum menggunakan e-modul berbasis PBL. Hasil perhitungan menunjukkan t hitung 19,146, t tabel dengan nilai degree of freedom (df) 30 nilai signifikansi 0,05, diperoleh nilai t tabel dari tabel distribusi t sebesar 2,042 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel ini menandakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-modul dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi. Respon positif siswa terhadap e-modul berbasis PBL yang telah dikembangkan memperoleh umpan balik siswa sebesar 84,8%. Simpulan penelitian ini adalah bahwa produk e-modul berbasis PBL yang dikembangkan telah melalui prosedur pengembangan yang sesuai, memiliki kelayakan yang sangat baik, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi laju reaksi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
---|---|
Pengarang | SULFAIDAH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS SUL p 2023 |
Subyek | PBL Hasil Belajar Siswa laju reaksi E-Modul model ADDIE |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY