PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 SAMARINDA
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda pada tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda yang berjumlah 195 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh 129 siswa yaitu 5 kelas. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu diuji coba sebelum diberikan kepada sampel penelitian. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kesiapan belajar dan kepercayaan diri, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan regresi linier berganda dengan taraf signifikan (
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Rahmadina Cahya Ningrum - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Kesiapan Belajar kepercayaan diri Relasi dan Fungsi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY