PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN KONSULTAN PAJAK DENGAN EKUALISASI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total quality management (TQM) fokus pada pelanggan, total quality management (TQM) perbaikan berkelanjutan terhadap kualitas jasa layanan, pengaruh total quality management (TQM) fokus pada pelanggan dan total quality management (TQM) perbaikan berkelanjutan terhadap kualitas jasa layanan yang di moderasi dengan ekualisasi pajak. Penerapan TQM fokus pada pelanggan dan TQM perbaikan berkelanjutan yang tepat pada kantor konsultan pajak (KKP) diharapkan bisa menjadi unggul dibandingkan dengan kantor konsultan pajak (KKP) pesaingnya. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 (delapan puluh) responden yang merupakan klien dari 16 Konsultan Pajak aktif yang tercatat pada asosiasi Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Balikpapan. Desain penelitian menggunakan pendekatan explanatory research, dengan jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi finit, artinya jumlah individu ditentukan yaitu 105 responden yang merupakan klien dari 16 (enam belas) konsultan pajak aktif yang terdaftar pada asosiasi Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Balikpapan. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 80 (delapan puluh) responden dengan metode non probability sampling yakni dengan memanfaatkan teknik solvin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SEM yaitu PLS (Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 4.0.9.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan TQM fokus pada pelanggan dan TQM perbaikan berkelanjutan terhadap kualitas jasa layanan konsultan pajak, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari TQM fokus pada pelanggan dan TQM perbaikan berkelanjutan terhadap kualitas jasa layanan dengan ekualisasi pajak sebagai pemoderasi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN KONSULTAN PAJAK DENGAN EKUALISASI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERATING |
---|---|
Pengarang | YOYOK MANUHARDI SUNARKO - Personal Name |
No. Panggil | THESIS YOY p 2024 |
Subyek | Konsultan Pajak Total Quality Management (TQM) Kualitas Jasa Layanan Ekualisasi Pajak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Jurusan | MAGISTER AKUNTANSI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY