Detail Cantuman Kembali
Agustinus Tingang - Personal Name

PERSEPSI PETANI TERHADAP PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI KARYA MANDIRI KELURAHAN SIMPANG PASIR KECAMATAN PALARAN)

AGUSTINUS TINGANG. Persepsi Petani Terhadap Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (Studi Kasus : Kelompok Tani Karya Mandiri Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan Syarifah Aida dan Rita Mariati).Penyuluh Pertanian memiliki tugas dan fungsi memberikan penyuluhan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usahatani guna meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi petani terhadap peran penyuluh pertanian lapangan di kelompok tani Karya Mandiri Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran.Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Karya Mandiri Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda. Dengan fokus melihat persepsi petani terhadap peran penyuluh pertanian lapangan di Kelurahan Simpang Pasir. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang berdasarkan pertimbangan tertentu. Kriteria ang dipilih sebagai sampel adalah seluruh anggota Kelompok Tani Karya Mandiri yang menjadi studi kasus dalam penelitan ini. Kelompok Tani Karya Mandiri terdiri dari 28 anggota. Analisis kualitatif deskriftif digunakan dengan menerapkan metode likert, dengan periode penelitian dari Februari hingga April 2023.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap peran penyuluh pertanian lapangan menggunakan empat indikator yaitu sebagai pendidik terkategori berperan dengan skor rata-rata 6,64 , sebagai pemimpin terkategori berperan dengan skor rata-rata 8,79 , sebagai penasihat terkategori berperan dengan skor rata-rata 6,68 , dan sebagai organisator terkategori sangat berperan dengan skor rata-rata 9,57. Dengan demikian persepsi petani terhadap peran penyuluh pertanian lapangan dikategorikan berperan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI PETANI TERHADAP PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI KARYA MANDIRI KELURAHAN SIMPANG PASIR KECAMATAN PALARAN)
Pengarang Agustinus Tingang - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AGU p 2024
Subyek peran
PERSEPSI
Penyuluh Pertanian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua