PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI STRUKTUR ATOM: KEUNGGULAN NANOTEKNOLOGI
Natalia Fitriani, 2024 Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Picture And Picture Pada Materi Struktur Atom: Keunggulan Nanoteknologi Di Kelas X. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Maasje C. Watulingas, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Yuli Hartati, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran example non example dengan picture and picture pada materi struktur atom: keunggulan nanoteknologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Samarinda. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran example non example dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest serta lembar observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen model example non example yaitu lebih rendah dari kelas eksperimen model picture and picture. Analisis data tersebut dilakukan dengan uji t dan diperoleh sig.(2- tailed) pada kedua kelas adalah 0,005 ≤ 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture di kelas X SMA Negeri 5 Samarinda
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI STRUKTUR ATOM: KEUNGGULAN NANOTEKNOLOGI |
---|---|
Pengarang | Natalia Fitriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NAT p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Struktur atom Example non Example Picture and Picture |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY