PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Rendahnya hasil belajar kimia pada materi struktur atom disebabkan karena rendahnya pemahaman dan penguasaan siswa. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunkan metode ceramah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran NHT. Pengumpulan data menggunakan tes dan ulangan harian sebagai data utama serta lembar observasi guru dan siswa sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas eskperimen lebih besar dari rata-rata nilai akhir kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantuan liveworksheet berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM |
---|---|
Pengarang | YENY SENOBAAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YEN p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Struktur atom Model pembelajaran NHT |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY