Detail Cantuman Kembali
M.Ali Sadikin - Personal Name

PROBLEMATIKA BATAS WAKTU PERSETUJUAN DPR RI TERHADAP PERPPU NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA

M. Ali Sadikin, NIM: 1908016063, Samarinda, Program Studi Sarjana Hukum, Konsentrasi Hukum Tata Negara. Dengan Judul PROBLEMATIKA BATAS WAKTU PERSETUJUAN DPR RI TERHADAP PERPPU NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA , diajukan untuk memenuhi Sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Hukum dibawah bimbingan Dr. Rosmini S.H., M.H selaku dosen pembimbing utama dan Dr.Herdiansyah Hamzah,S.H,.LL.M selaku dosen pembimbing pendamping.
Perppu adalah peraturan yang seharusnya berbentuk Undang-Undang,namun dibuat dalam bentuk peraturan pemerintah pengganti undang-undang karena urgensinya. Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi polemik karena dianggap tidak mencerminkan "hal ikhwal kegentingan yang memaksa". Pengesahannya oleh DPR RI juga menuai sorotan karena dilakukan diluar batas waktu yang diatur oleh Undang-Undang, menimbulkan ketidakpastian hukum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan socio-legal research (SLR). Menurut Sulistyowati Irianto, penelitian sosio-legal mempelajari peraturan perundang-undangan dan kebijakan untuk menjelaskan problem filosofis, sosiologis, dan yuridis dari hukum tertulis, serta menggunakan pendekatan interdisipliner untuk menjelaskan fenomena hukum dalam konteks sosial dan budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerbitan Perppu Cipta Kerja kontroversial karena kurang memperhatikan kepentingan masyarakat dan dinilai melawan putusan Mahkamah Konstitusi. Mekanisme persetujuan Perppu harus tunduk pada batasan waktu. Diperlukan revisi regulasi untuk lebih mengakomodasi hak-hak pekerja dan keadilan sosial. Selain itu, pemerintah dan DPR disarankan meningkatkan transparansi dan keterlibatan pihak terkait dalam proses pembuatan, penolakan/persetujuan Perppu. Masyarakat juga perlu aktif didalam pembentukan perppu untuk memastikan aspirasi dan kebutuhan mereka terwakili.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PROBLEMATIKA BATAS WAKTU PERSETUJUAN DPR RI TERHADAP PERPPU NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA
Pengarang M.Ali Sadikin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALI p 2024
Subyek perppu
DPR
Persetujuan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua