AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN ALAT ALAT JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING
Zaman modern sperti sekarang ini teknologi berkembang pesat sampai dimana kita sudah dapat melakukan kegiatan atau pekerjaan secara online atau secara tidak Langsung karena dibantu oleh teknologi jaringan wireless (jaringan tanpa kabel) dengan berbagai alat alat jaringan yang memiliki fungsi yang masing masing berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna. Seiring berkembang nya teknologi, bidang pekerjaan pun bertambah dan sampai sekarang ada sebuah pekerjaan dimana seseorang dibutuhkan untuk mengatasi masalah jaringan pada perusahaan atau instansi yang dimana biasanya disebut IT. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan pun mencetuskan jurusan “Teknologi Jaringan Komputer” pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang dimana salah satu topik pembelajaran nya adalah pengenalan alat alat jaringan komputer. Dalam pembelajaran nya diperlukan perangkat alat jaringan agar siswa/i dapat mengenali alat alat jaringan yang akan dipelajari, tetapi masih ada beberapa sekolah yang tidak memiliki perangkat alat alat jaringan tersebut, ataupun ada guru yang kesulitan membawa alat alat jaringan tersebut dikarenakan banyak nya perangkat, dan disini penulis mengambil subjek penelitian dari SMK Negeri 1 Kongbeng. Saat ini ada metode yang menarik dan memudahkan agar siswa/i dapat mengenal dan memahami perangkat jaringan komputer dengan melihat gambar tiga dimensi yang disebut dengan teknologi Augmented reality (AR). Oleh karena itu penulis memberikan solusi dengan merancang aplikasi media pembelajaran mengenai alat alat jaringan komputer dengan menggunakan teknologi AR. Perancangan aplikasi media pembelajaran ini berupa sebuah aplikasi berbasis android yang akan menggunakan kamera smarthphone untuk menampilkan objek 3D alat alat jaringan yang ingin ditampilkan melalui marker. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode MDLC untuk perancangan aplikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran alat alat jaringan dengan menggunakan AR untuk menampilkan 3D model alat alat jaringan yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Kongbeng.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN ALAT ALAT JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING |
---|---|
Pengarang | RIZKY WIJAYA KUSUMA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ a 2024 |
Subyek | Augmented Reality Marker Based Tracking MDLC Network Device |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY