Peningkatan Kemampuan Menyimak Siswa Berita dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024
Rina Werdani, 2024. Peningkatan Kempuan Menyimak Berita Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi. Kata Kunci: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dn Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur. Dibimbing oleh Pembimbing Prof. Dr. H. Yusak Hudiyono, M. Pd Selaku Pembimbing I dan Dra.Hj.Endang Dwi Sulistyowati, M.Si Selaku Pembimbing II Peningkatan Kemampuan Menyimak, Teks Berita, Metode Kooperatif, Tipe STAD Penelitian ini dilakukan dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahwa siswa kelas VII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda masih belum memahami unsur- unsur teks berita dan memahami dalam menyimak dalam teks berita menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan guru dalam empat tindakan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division. hasil yang didapati dari nilai dasar yaitu prasiklus adalah 56,6 dengan ketuntasan siswa 0% berkriteria kurang, pelaksanaan tindakan siklus 1 dilaksanakan dengan menerapkan metode Kooperatif Tipe STAD membuahkan hasil yang meningkatkan nilai rata-rata siswa yaitu 70,45 dengan presentase ketuntasan siswa 30% berkriteria cukup. Hasil ini meningkat pada tindakan yang dilaksanakan pada siklus II setelah dilakukan tindakan dengan menambah media pada pembelajaran berupa tayangan visual dan tindakan pada kelompok diskusi dengan mengurangi anggota kelompok dari lima orang menjadi empat orang, hasil yang di dapatkan menjadi 82,55 dengan presentase ketuntasan siswa 90% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pada siswa kelas VIII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda dengan menerapkan metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), pada materi menyimak berita dapat meningkatkan keterampilan pemahaman dalam menyimak suatu berita dengan memperhatikan secara baik-baik dan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sehingga prestasi yang diperoleh dapat meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Kemampuan Menyimak Siswa Berita dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus 1945 Samarinda Tahun Pembelajaran 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Rina Werdani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIN p 2024 |
Subyek | peningkatan kemampuan menyimak teks berita Metode Kooperatif Tipe STAD |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY