KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VII SMPN 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024
Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan desain single subyek tipe A-B yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling individu dengan Teknik rational emotive behavior terapy untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII E SMP Negeri 9 yang berjumlah 31 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu mengambil satu sampel yang memiliki masalah Tingkat kecanduan game yang paling tinggi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, skala likert yang digunakan untuk mengukur persepsi sikap atau pendapat seseorang atau kelompok. Skala kecanduan game online ini terdiri atas 24 buah pernyataan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian terdapat peningkatan level data sebesar 36 poin dari kondisi baseline (48) kenkondisi intervensi (84). Dalam penelitian ini penelitin juga menggunakan wawancara. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan Teknik rational emotive behavior terapy efektif untuk mengurangio kecanduan game online pada siswa setelah diberikan perlakuan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VII SMPN 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Kristina Gloria - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KRI k 2024 |
Subyek | Kecanduan game online Teknik Rational Emotive Behavior Treapy, Konseling Individu. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY