Detail Cantuman Kembali
Nur Kholis Majid - Personal Name

Manajemen Pemerintahan Desa Dalam Pembangunan di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara

Nur Kholis Majid, Manajemen Pemerintahan Desa Dalam Pembangunan Di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan Manajemen Pemerintahan Desa Dalam Pembangunan Di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif.
Hasil Penelitian menunjukkan Prinsip perencanaan yang matang menjadi landasan utama dalam pengawasan pemerintahan Desa Semayang. Melalui perencanaan yang baik, pemerintah desa dapat mengidentifikasi target, sasaran, dan indikator kinerja yang spesifik untuk dilakukan pengawasan. Hal ini memungkinkan evaluasi kinerja pemerintahan desa secara efektif dan memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Selanjutnya, struktur organisasi yang efisien mendukung penyusunan struktur organisasi yang efisien untuk pengawasan pemerintahan. Dengan menetapkan wewenang, tanggung jawab, dan mekanisme pelaporan yang jelas, setiap bagian dari pemerintahan desa memiliki peran dan fungsi yang ditetapkan untuk melakukan pengawasan dengan baik. Prinsip pengendalian manajemen yang efektif juga diterapkan dengan menggunakan teori pengendalian manajemen sebagai landasan bagi pengawasan pemerintahan Desa Semayang. Penerapan prinsip-prinsip pengendalian, seperti pembentukan standar kinerja, evaluasi kinerja secara berkala, dan tindakan korektif yang tepat waktu, memungkinkan pemerintah desa memastikan bahwa kegiatan dan kebijakan pemerintahan desa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Selanjutnya, prinsip partisipasi masyarakat yang aktif menjadi penting dalam pengawasan pemerintahan desa. Melibatkan aktif masyarakat dalam proses pengawasan, baik melalui mekanisme partisipatif maupun penyediaan akses informasi yang transparan, memastikan bahwa pengawasan dilakukan secara inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Secara keseluruhan, penerapan prinsip dan teori manajemen pemerintahan desa dalam pengawasan pemerintahan Desa Semayang bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel. Hal ini akan membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat serta mendorong tercapainya pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Desa Semayang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Manajemen Pemerintahan Desa Dalam Pembangunan di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Nur Kholis Majid - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR m 2024
Subyek Perencanaan
Pengawasan
Manajemen
Desa Semayang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua