Detail Cantuman Kembali
I KETUT YOGA APRIANA - Personal Name

PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA ATAS DAMPAK DEBU AKTIFITAS PERTAMBANGAN DI DESA KERTA BUANA KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Perusahaan pertambangan sebagai pelaku usaha dalam menjalankan usahanya tetap harus memperhatian beberapa aspek seperti Pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat, perlindungan, dan pengelolaan terhadap lingkungan hidup. Dampak lingkungan yang di hasilkan dari aktifitas pertambangan merugikan Masyarakat sekitar pertambangan, salah satunya adalah dampak debu tambang yang menganggu Kesehatan Masyarakat di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Karatengara. Jadi bagaimana bentuk tanggung jawab perdata perusahaan terhadap kerugian materiil maupun immateril atas dampak debu aktifitas pertambangan di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan bagaimana bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap debu tambang yang merugikan masyarakat, serta upaya hukum yang telah dilakukan dalam kasus tersebut.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian Sosio Legal yang menganalisis dan mengkaji berkerjanya hukum dalam masyarakat yang dapat dikaji dalam aspek nilai-nilai keadilan dalam penerapan hukum di masyarakat, penegakan hukum, permasalahan hukum dalam masyarakat, efektifitas pelaksanaan aturan hukum, dan yang lainnya, serta melalui Pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena di sini peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteaksi dengan orang-orang di tempat penelitian.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa Pertanggungjawaban perdata atas dampak debu aktifitas Pertambangan PT. Kitadin yang bersebelahan langsung dengan Desa kerta buana menyebabkan efek debu tambang dari proses pengangkutan batubara, debu tambang tersebut memberikan dampak terhadap masyarakat dari mulai rusak serta kotornya rumah mereka dan gangguan kesehatan yang dialami masyarakat sekitar pertambangan, dalam hal ini maka terjadinya perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh perushaan maupun pemerintah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA ATAS DAMPAK DEBU AKTIFITAS PERTAMBANGAN DI DESA KERTA BUANA KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang I KETUT YOGA APRIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KET p 2024
Subyek Pertambangan
Debu Tambang
tanggung jawab perdata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan ILMU HUKUM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua