Detail Cantuman Kembali

GAMBARAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK MENGGUNAKAN STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN DI RSJD ATMA HUSADA MAHAKAM SAMARINDA

Pendahuluan : Komunikasi terapeutik mengacu pada komunikasi yang bertujuan dan disengaja untuk memfasilitasi pemulihan pasien. Komunikasi terapeutik berupaya membantu pasien dalam mengartikulasikan beban emosional dan memfasilitasi pengambilan keputusan untuk mengatasi keadaan saat ini, asalkan pasien memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhannya. Komunikasi terapeutik terdiri dari empat tahapan yaitu Fase Pra Interaksi, Fase Orientasi, Fase Kerja dan Fase Terminasi. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran pelaksanaan komunikasi terapeutik pada perawat di RSJD.
Metodologi : Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengambilan 75 responden dengan teknik Quota Sampling berdasarkan kriteria inklusi. Instrumen pengukuran pelaksanaan komunikasi terapeutik kuesioner dengan analisis data univariat.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 68 responden (91%) pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam kategori baik, dan 7 responden (9%) pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam kategori kurang.
Kesimpulan : Pelaksanaan komunikasi terapeutik menunjukkan perawat di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda menunjukkan dalam kategori baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK MENGGUNAKAN STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN DI RSJD ATMA HUSADA MAHAKAM SAMARINDA
Pengarang WILLIAM KEVIN NATA PRATAMA - Personal Name
No. Panggil KARYA TULIS ILMIAH WIL g 2024
Subyek Perawat
Pelaksanaan
Komunikasi Terapeutik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D-III KEPERAWATAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua