Detail Cantuman Kembali
NADYA DWI MAWARTI - Personal Name

PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK LANJUTAN PEMBANGUNAN GEDUNG KEJAKSAAN TINGGI KALIMANTAN TIMUR

Pengendalian biaya dan waktu proyek bertujuan agar proyek diselesaikan rencana waktu pelaksanaan proyek dengan selalu memperhatikan batasan biaya, waktu, dan mutu proyek. Dimana biaya yang direncanakan sebesar Rp 21.225.958.132,99 dengan waktu selama 7 bulan pada proyek Lanjutan Pembangunan Gedung Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur yang berlokasi tepatnya berada di jalan Bung Tomo, KotaSamarinda, kenyataannya apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataanpelaksanaan atau realisasi di lapangan. Untuk itu perlu adanya pengendalian biaya dan waktu supaya proyek bisa diselesaikan sesuai dengan harapan.
Pada penelitian ini pengendalian biaya dan waktu menggunakan metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) yaitu suatu metode yang mengintegrasikan hubungan antara biaya dan waktu serta memberikan gambaran tentang kondisi kelangsungan proyek tersebut dimana metode ini mencakup nilai ACWP, BCWP, dan BCWS.
Evaluasi pada bulan I varian biaya (CV) positif, menunjukkan bahwa biaya lebih rendah dari anggaran. Bulan II-VI Varian biaya (CV) negatif, menunjukkan biaya lebih besar dari anggaran. Bulan VII Varian biaya (CV) positif, menunjukkan biaya lebih rendah dari anggaran. Biaya actual (ACWP) adalah Rp 20.181.305.902,64, lebih rendah dari BCWP yaitu Rp 21.225.958.132,99, dengan memperoleh keuntungan sebesar Rp 1.044.652.230,34. Sedangkan nilai (SV) varian jadwal menunjukan angka negatif yang berarti pekerjaan terlaksana lebih lambat dari jadwal. Nilai SV menunjukan angka 0 yang artinya pekerjaan sesuai dengan jadwal. Pada Bulan I Varian jadwal (SV) positif, menunjukkan pekerjaan lebih cepat dari jadwal. Pada Bulan II-VI Varian jadwal (SV) negatif, menunjukkan pekerjaan lebih lambat dari jadwal. Pada Bulan VII: Varian jadwal (SV) nol (0) Dimana prakiraan total sampai akhir proyek (EAS) sesuai dengan rencana yaitu 7 Bulan, menunjukkan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang direncanakan setelah penambahan waktu 28 hari.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL PADA PROYEK LANJUTAN PEMBANGUNAN GEDUNG KEJAKSAAN TINGGI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang NADYA DWI MAWARTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD p 2024
Subyek pengendalian
BCWS
Konsep Nilai Hasil,
ACWP
BCWP
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK SIPIL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua