STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA NEW NORMAL DI TK ISLAM NURUL HUDA SAMARINDA
Strategi guru merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Mengingat bahwa covid-19 pernah terjadi di Indonesia, sehingga mempengaruhi proses Pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam merancang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terhadap pengembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun pada masa new normal di TK Islam Nurul Huda Samarinda dan mengetahui pelaksanaan, serta perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Nurul Huda Samarinda. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan enam sumber data yang terdiri dari lima Guru Kelas dan Kepala Sekolah TK Islam Nurul Huda Samarinda. Teknik analisis data menurut Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran terhadap pengembangan sosial emosional anak pada masa new normal antara lain; strategi guru dalam merancang pembelajaran yaitu dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, melibatkan orang tua dalam kegiatan pembelajaran, memberikan pembiasaan melalui kegiatan rutin seperti kegiatan berdoa dan merapikan mainan, serta melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan sosial emosional anak diantaranya bermain peran, kegiatan outing class, outbound dan bermain secara kelompok.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA MASA NEW NORMAL DI TK ISLAM NURUL HUDA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Windi Lestari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIN s 2024 |
Subyek | Pembelajaran Strategi Guru Sosial Emosional |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY