ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PROSES BELAJAR ANAK TK DAHLIA 5 KUTAI LAMA
Peran orang tua sangat penting dalam dalam mendukung pembelajaran, dimana saat disekolah waktu anak terbatas oleh karena itu orang tua lah yang berperan melanjutkan pembelajaran di rumah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Peran orang tua dalam mendampingi proses belajar anak dan faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan langsung ke rumah orang tua, kemudian wawancara dilakukan terhadap empat orang tua dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan orang tua memiliki peran sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator bagi anak. Selanjutnya latar belakang Pendidikan berpengaruh terhadap peran orang tua dalam mendampingi proses belajar anak, sedangkan tingkat ekonomi, dan pekerjaan orang tua tidak mempengaruhi orang tua dalam perannya dalam mendampingi proses belajar anak. Penelitian ini memberikan manfaat berupa pengalaman orang tua mendampingi proses belajar anak usia 5-6 Tahun.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PROSES BELAJAR ANAK TK DAHLIA 5 KUTAI LAMA |
---|---|
Pengarang | SARIYANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAR p 2024 |
Subyek | Peran Orang Tua Proses Belajar Pendampingan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan guru pendidikan anak usia dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY