STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 PEMBINA BONTANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran dan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Bontang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, menyajikan data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun berupa 1) pembiasaan dalam mengembangkan sikap simpati, empati, berbagi, kasih sayang dan bangga; 2) keteladanan dalam mengembangkan perilaku meniru, rasa bersalah dan pemalu; 3) metode bercerita atau mendongeng dalam mengembangkan perilaku simpati, empati dan rasa bersalah. Adapun perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Bontang sudah sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan namun ada beberapa siswa yang belum berkembang secara optimal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 PEMBINA BONTANG |
---|---|
Pengarang | RISMAWATHI ISLAMET - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS s 2024 |
Subyek | Anak Usia Dini Strategi Pembelajaran Sosial Emosional |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY