Detail Cantuman Kembali
Azhar Gholiyah - Personal Name

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LINGGANG BIGUNG

Rendahnya keterampilan membaca puisi siswa, yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) karena rendahnya rasa percaya diri dan tidak pahamnya siswa pada suatu teks puisi pada siswa SMA Negeri 1 Linggang Bigung. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas XI-3 melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Model Think Pair Share (TPS) dipilih karena mendorong partisipasi aktif dan interaksi siswa, sehingga meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mereka. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024, dengan subjek 34 siswa kelas XI-3. Penelitian ini terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam siklus berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi, diukur melalui aspek artikulasi, intonasi, ekspresi/penghayatan, dan penampilan. Pada siklus I, penerapan model Think Pair Share (TPS) meningkatkan nilai rata-rata keterampilan membaca puisi dari 42,42 pada prasiklus menjadi 73,22, dengan ketuntasan meningkat dari kurang dari 18% menjadi 52%. Namun, dalam proses pembelajaran masih terdapat kendala seperti kelompok kurang kondusif, kurangnya pemahaman tentang Think Pair Share (TPS) di antara siswa dan kurangnya penguasaan kelas oleh guru. Pada siklus II, modifikasi pembelajaran dengan penambahan materi dan praktik langsung membaca puisi, penindakan terhadap pembagian kelompok serta pemberian motivasi kepada siswa yang kurang percaya diri berhasil meningkatkan nilai rata rata secara signifikan menjadi 85,13, dengan ketuntasan mencapai 90%. Keaktifan siswa juga meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 69%, kerja sama siswa dari 77% menjadi 93%, dan yang paling mencolok adalah peningkatan kepercayaan diri siswa dari 52% menjadi 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share (TPS) efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa kelas XI-3. Oleh karena itu, model pembelajaran Think Pair Share (TPS) direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran puisi di kelas, karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih interaktif dan partisipatif, sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LINGGANG BIGUNG
Pengarang Azhar Gholiyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AZH p 2024
Subyek Model Pembelajaran
Membaca puisi
Think Pair Share (TPS)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bahasa dan Seni
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua