PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING SISWA KELAS X DI SMAN 4 SAMARINDA (Materi: Pemanasan Global)
Kemampuan scientific reasoning merupakan salah satu aspek pengetahuan yang memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Namun, faktanya saat ini kemampuan scientific reasoning siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori peningkatan scientific reasoning siswa dan apakah terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan scientific reasoning siswa. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan essai yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori peningkatan scientifiic reasoning siswa secara umum berada pada kategori sedang serta terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan scientific reasoning siswa. Melalui hasil penelitian ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan pendekatan STEM dalam proses pembelajaran dikarenakan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan scientific reasoning siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING SISWA KELAS X DI SMAN 4 SAMARINDA (Materi: Pemanasan Global) |
---|---|
Pengarang | Yolanda Oktavia Palian - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YOL p 2024 |
Subyek | Pemanasan Global STEM Scientific Reasoning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY