Studi Kolerasi Motivasi Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada SMA Negeri 16 Samarinda.
Kevin Geordy, 2024. Studi Kolerasi Motivasi Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada SMA Negeri 16 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Mukhammad Nurhadi, M.Si. selaku
pembimbing I dan Prof. Dr. Nurlaili, M.P. selaku pembimbing II Keberhasilan belajar peserta didik akan ditentukan oleh motivasi belajarnya. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu memberikan motivasi kepada para peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa pada pelaksanaan kurikulum merdeka dikelas X SMA Negeri 16 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat koleratif atau hubungan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X 2 dan X3. Siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika nilai motivasi semakin besar maka semakin besar pula nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Deskriptif nilai rata-rata hasil belajar adalah 76,5 dan nilai motivasi belajar memiliki nilai rata-rata 95,17. Uji Normalitas diketahui bahwa nilai sig untuk hasil belajar dan motivasi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,246 dan 0,221. Pada Uji Kolerasi Pearson Product Moment diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,047 dapat dikatakan bahwa lebih kecil dari 0,05.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Kolerasi Motivasi Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada SMA Negeri 16 Samarinda. |
---|---|
Pengarang | Kevin Geordy - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KEV s 2024 |
Subyek | Hasil Belajar; Kurikulum Merdeka; Motivasi; Studi Korelasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY