Detail Cantuman Kembali
Luky Setyoningsih - Personal Name

ANALISIS STABILITAS GLOBAL LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D V20 PADA PEKERJAAN PERKUATAN LERENG SUNGAI KARANG MUMUS

Sungai Karang Mumus Mengalami penyempitan lebar sungai karena bangunan tak berijin yang dibangun diatas sungai serta penumpukan tanah sungai yang diakibatkan dari banjir pada saat cuaca hujan intensitas tinggi. Untuk melakukan normalisasi lebar sungai, pemerintah mengadakan pembangunan dinding penahan tanah sebagai pembatas lereng sungai. Contohnya pada perkuatan lereng sungai Karang Mumus tepatnya pada Jembatan Ruhuy Rahayu Gang 02 menggunakan material sheet pile panjang 14 m.
Pada konstruksi perkuatan sheet pile dan angkur bersamaan dengan adanya normalisasi sungai dengan pengerukan sedimen sedalam 3 m. Sehingga menyebabkan sheet pile berkurang fungsinya dari segi stukturnya. Maka penelitian ini untuk mencari nilai faktor keamanan lereng kondisi tanah asli, kondisi perkuatan dengan sheet pile dan angkur sebelum dan sesudah galian sedimen.
Nilai keamana pada kondisi lereng tanah asli diperoleh 2,830 tanpa beban luar dan 1,727 dengan beban lalu lintas. Pada kondisi lereng perkuatan sheet pile dan angkur sebelum galian yaitu 3,212 tanpa beban luar dan 2,591 dengan beban lalu lintas. Sedangkan pada kondisi lereng perkuatan sheet pile dan angkur setelah galian yaitu 1,918 tanpa beban luar dan 1,283 dengan beban lalu lintas. Dapat disimpulkan bahwa lereng dalam keadaan aman sebelum maupun sesudah perkuatan sebelum galian dalam kondisi aman karena nilai SF < 1,5, sedangkan lereng dengan perkuatan setelah galian dalam kodisi kritiskarena nilai SF > 1,5.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STABILITAS GLOBAL LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D V20 PADA PEKERJAAN PERKUATAN LERENG SUNGAI KARANG MUMUS
Pengarang Luky Setyoningsih - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LUK a 2024
Subyek Faktor Keamanan
lereng,
sheet pile
angkur
plaxis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK SIPIL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua