PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 7 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pretest – posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas V-D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes awal (pre-test), dan tes akhir (post-test). Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai > = 2,023 > 2,002. Berdasarkan hipotesis ditolak dan diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 7 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | KIKI WIDYA SARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KIK p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar IPS Model Pembelajaran Make a Match SMPN 7 Samarinda |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY