Detail Cantuman Kembali
FIRMAN AWALUDDIN - Personal Name

ANALISA KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN PASIR LOKAL ( PASIR GUNUNG KAUBUN )

Seiring dengan perkembangan kemajuan di Kecamatan Kaubun yang didukung dengan banyaknya perusahaan tambang batubara yang otomatis membuat pesatnya perkembangan jumlah manusia serta pendapatan. Hal ini berjalan lurus dengan banyaknya pembangunan guna mengakomodir kebutuhan masyarakat seperti bangunan rumah tinggal, Gedung olahraga, akses jalan, irigasi, gorong-gorong dan lainya. Sehingga kebutuhan agregat halus (pasir) sangat tinggi. Di wilayah Kaubun itu sendiri sangat sulit mendapatkan bahan baku beton berupa pasir yang berkualitas seperti pasir palu, pasir sungai, pasir vulkanik dan pasir beton . Dengan demikian kebutuhan pasir seringkali diganti dengan menggunakan pasir Gunung, Karena pasir gunung itu sendiri sangat mudah didapatkan serta mem iliki harga yang relatif murah.

Penelitian ini menggunakan agregat halus Pasir Gunung Kaubun dan agregat kasar palu sebagai bahan yang dipakai dalam campuran beton dengan 3 buah sample benda uji menggunakan cetakan kubus dengan panjang 15 cm, lebar 15 cm dan tinggi 15 cm. Perencanaan terhadap kuat tekan beton menggunakan metode SNI 03-2834-2000. Mutu rencana beton pada penelitian ini direncanakan sebesar 20 MPa.

Hasil Penelitian menunjukan hasil rata-rata pada campuran Agregat Halus Pasir Gunung Kaubun dan Agregat Kasar Palu sebagai bahan campuran beton dengan umur pengujian 7 hari dengan koreksi umur 28 hari adalah 34,74 Mpa dari hasil yang direncanakan 20 Mpa . Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan Agregat Halus Pasir Gunung Kaubun dan Agregat Kasar Palu sebagai bahan campuran terhadap kuat beton dapat memberikan daya kuat tekan beton setara atau bahkan lebih dari kuat tekan yang direncanakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISA KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN PASIR LOKAL ( PASIR GUNUNG KAUBUN )
Pengarang FIRMAN AWALUDDIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIR p 2024
Subyek KUAT TEKAN
Pasir
Pasir Gunung Kaubun
Hasil Beton
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua