ANALISIS KELAYAKAN MATERI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA SMA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA BELL
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis buku teks matematika kurikulum merdeka penerbit kementerian pendidikan dan kebudayaan SMA kelas XI pokok bahasan relasi dan fungsi berdasarkan kriteria Bell. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah buku teks matematika kurikulum merdeka untuk SMA kelas XI sedangkan objek penelitiannya adalah kelayakan materi pada buku teks tersebut. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan instrumen lembar analisis kelayakan buku teks berdasarkan kriteria Bell yang berbentuk check-list. Check-list ini diisi dengan tanda cek (√) pada salah satu kolom “Ya” atau “Tidak”. Apabila ditemukan ketidaksesuaian dengan kriteria Bell maka diberikan saran perbaikan mengenai kesalahan tersebut. Pengumpulan data ini dilakukan oleh 3 sumber yaitu peneliti, dosen matematika, dan guru matematika. Setelah data itu didapatkan, selanjutnya peneliti menganalisis data tersebut dengan menentukan rata-rata nilai hasil validasi dari semua validator, menentukan nilai rata-rata total untuk semua indikator, dan menghitung berapa persentase kelayakan materi buku. Setelah data peneliti menganalisis data tersebut, maka selanjutnya peneliti menyimpulkan hasil analisis buku tersebut. Peneliti menggunakan kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika mencakup 21 pertanyaan. Kemudian dari 21 pertanyaan dimodifikasi menjadi 13 pertanyaan dengan menyesuaikan materi komposisi fungsi dan fungsi invers. Dari 13 pertanyaan yang relevan, ada 11 pertanyaan yang jawabannya adalah “ya” yang berarti memenuhi kriteria Bell, dan ada 2 pertanyaan yang jawabannya adalah “tidak” yang berarti tidak memenuhi kriteria Bell, seperti; (1) ditemukan kesalahan cetak; (2) tidak terdapat sejarah dan filosofi dari para matematikawan. Berdasarkan analisis dan pembahasan kelayakan materi komposisi fungsi dan fungsi invers pada buku teks kurikulum merdeka, maka peneliti mendapatkan hasil pengamatan bahwa terdapat 13 pertanyaan yang relevan dan sesuai dengan materi komposisi fungsi dan fungsi invers. Dari 13 pertanyaan tersebut, ada 11 pertanyaan yang memenuhi kriteria bell. Jadi, persentase kelayakan materi adalah 84,62% yang artinya materi pada buku teks yang dianalisis itu berkategori sangat layak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KELAYAKAN MATERI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA SMA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA BELL |
---|---|
Pengarang | Mufid Amien Siregar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUF a 2024 |
Subyek | Kriteria Bell, Komposisi Fungsi Analisis kelayakan materi, Fungsi Invers. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY