Detail Cantuman Kembali

TEORI PERMAINAN DALAM ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN DAN PERPINDAHAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE SHOPEE DAN TIKTOK SHOP (Studi Kasus: Mahasiswa Pengguna E-Commerce di Universitas Mulawarman)

E-commerce adalah salah satu bentuk transaksi atau jual beli barang dan jasa yang dilakukan secara online. Shopee dan Tiktok Shop merupakan platform e-commerce yang sedang populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Kesamaan tujuan dalam memenuhi kebutuhan konsumen mengakibatkan persaingan yang ketat antara Shopee dan Tiktok Shop untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh strategi persaingan optimal yang dapat digunakan oleh Shopee dan Tiktok Shop menggunakan teori permainan serta menentukan probabilitas perpindahan pelanggan dan memperoleh probabilitas pilihan mahasiswa Universitas Mulawarman pada kedua e-commerce tersebut menggunakan analisis rantai markov. Teori permainan merupakan model matematika yang digunakan dalam situasi persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Rantai markov merupakan metode yang berkaitan dengan probabilitas state di masa yang akan datang dengan melakukan analisis terkait probabilitas state saat ini. Pada penelitian ini digunakan strategi murni dan program linear untuk memperoleh strategi optimal bagi Shopee dan Tiktok Shop. Hasil analisis strategi optimal yang diperoleh menggunakan strategi murni dan program linear adalah sama yaitu strategi promo dan voucher bagi Shopee dan strategi kecepatan pengiriman bagi Tiktok Shop. Selanjutnya pada hasil analisis rantai markov diperoleh probabilitas perpindahan pelanggan Shopee sebesar 0,20 dan Tiktok Shop sebesar 0,34 dengan probabilitas mahasiswa Universitas Mulawarman untuk memilih Shopee lebih tinggi daripada Tiktok Shop.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TEORI PERMAINAN DALAM ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN DAN PERPINDAHAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE SHOPEE DAN TIKTOK SHOP (Studi Kasus: Mahasiswa Pengguna E-Commerce di Universitas Mulawarman)
Pengarang NUUR RIFDAH QURROTU'AINII - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUU t 2024
Subyek program linear
teori permainan
Persaingan
e-commerce
perpindahan
Rantai Markov
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua