Detail Cantuman Kembali
Maidina Panduweni - Personal Name

PENGARUH PENDEKATAN STEAM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA KELAS V DI SDN 011 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Salah satu kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi persaingan global dalah kemampuan berpikir kreatif. Namun, pada kenyataannya pembelajaran IPA di sekolah belum melibatkan siswa untuk aktif berperan dalam pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatifnya, sehingga kemampuan berpiki kreatif siswa menjadi rendah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEAM dengan model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa pada materi pernapasan manusia di kelas V SDN 011 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 011 Samarinda Kota. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 40 orang. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa 10 butir soal uraian dan instrumen non tes berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test karena hasil penelitian yang didapatkan berdistribusi normal dan bersifat homogen serta uji n-gain.
Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test, menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 40 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji Independent Sample t-test, jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, karena nilai Sig. (2- tailed) yang didapatkan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh STEAM dengan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada Materi IPA Pernapasan Manusia Kelas V SDN 011 Samarinda Kota. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok eksperimen sebesar 0,42 dan termasuk ke dalam kategori sedang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENDEKATAN STEAM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA KELAS V DI SDN 011 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Pengarang Maidina Panduweni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAP p 2024
Subyek Model Project Based Learning
STEAM
Keterampilan Berpikir Kreatif
Pernapasan Manusia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua