Detail Cantuman Kembali
Rosnadia - Personal Name

BERAT BADAN, PROFIL DAN BIOKIMIA DARAH MENCIT(Mus musculus L.) SETELAH PEMBERIAN TEPUNG LARVA LALAT TENTARA HITAM (Hermetia illucens L.) RENDAH LEMAK (DEFATTED)

Limbah organik apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan upaya pemanfaatan Black Soldier Fly (BSF). Larva dari BSF dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dengan harga murah dan kaya nutrisi. Pakan bernutrisi yang diberikan kepada ternak dapat meningkatkan pertumbuhan ternak, namun jika diberikan secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem tubuh ternak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung maggot defatted terhadap berat badan, profil darah (sel darah putih, sel darah merah, trombosit, hemoglobin dan hematokrit) dan biokimia darah (ALT dan AST) pada mencit. Penelitian ini dilakukan selama 30 hari dengan menggunakan 25 ekor mencit yang terbagi dalam 5 kelompok uji yakni kelompok kontrol (100% pakan komersial), perlakuan P1 (5% tepung maggot), P2 (10% tepung maggot), P3 (15% tepung maggot) dan P4 (25% tepung maggot) dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 mencit jantan. Di akhir penelitian mencit diambil darahnya melalui sinus orbitalis untuk pemeriksaan profil darah dan pemeriksaan ALT dan AST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung maggot defatted tidak berpengaruh nyata terhadap berat badan, profil dan biokimia darah mencit. Hal ini menunjukkan bahwa tepung maggot defatted aman digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul BERAT BADAN, PROFIL DAN BIOKIMIA DARAH MENCIT(Mus musculus L.) SETELAH PEMBERIAN TEPUNG LARVA LALAT TENTARA HITAM (Hermetia illucens L.) RENDAH LEMAK (DEFATTED)
Pengarang Rosnadia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROS b 2024
Subyek Berat Badan
profil darah
Mencit
Tepung maggot
Biokimia darah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua