Detail Cantuman Kembali
SANDI ARDIANSYAH - Personal Name

IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN PEMBIAYAAN GADAI SYARIAH MENURUT FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL (STUDI PADA PT GADAI SYARIAH BERKAT BERSAMA CABANG KOTA SAMARINDA)

Penelitian ini dilakukan oleh Sandi Ardiansyah dengan judul “Implementasi Sistem Layanan Pembiayaan Gadai Syariah Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional (Studi Kasus Pada PT Gadai Syariah Berkat Bersama Cabang Kota Samarinda)”, dibawah bimbingan Bapak Dr. Miftahul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem gadai syariah PT Gadai Syariah Berkat Bersama dalam menjalankan fatwa Dewan Syariah Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan 6 informan, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber antar informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Gadai Syariah Berkat Bersama belum sepenuhnya menjalankan layanan pembiayaan kepada nasabah berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional. Pada Fatwa Nomor 25/DSN-MUI/III/2002 PT. Gadai Syariah Berkat Bersama belum menjalankan semuanya terutama terdapat di ayat 4 yaitu “besar biaya pemeliharaan dan penyimpanan marhun tidak boleh ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman”. Pada fatwa Nomor 112/DSN-MUI/IX/2017, PT Gadai Syariah Berkat Bersama sudah menjalankan sesuai fatwa tersebut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN PEMBIAYAAN GADAI SYARIAH MENURUT FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL (STUDI PADA PT GADAI SYARIAH BERKAT BERSAMA CABANG KOTA SAMARINDA)
Pengarang SANDI ARDIANSYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAN i 2024
Subyek Implementasi
GADAI SYARIAH
SISTEM GADAI SYARIAH
FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan ILMU EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua