Detail Cantuman Kembali
JOICE YOANA SIAHAAN - Personal Name

ANALISIS SEBARAN TEKSTUR SEDIMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEBARAN KANDUNGAN BESI (Fe) DI WADUK BENANGA, KELURAHAN LEMPAKE, KECAMATAN SAMARINDA UTARA, SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR

Secara administratif, lokasi penelitian ini berada di Waduk Benanga, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimanatan Timur. Secara geografis, lokasi penelitian ini berada di koordinat 0°24’32.2” S, 117°11’33,7” E. Daerah penelitian ini merupakan salah satu waduk yang memiliki fungsi utama untuk penyangga atau pengendali banjir di Samarinda.

Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengetahui sebaran tekstur sedimen pada Waduk Benanga serta pengaruhnya terhadap sebaran kandungan logam berat besi (Fe). Penelitian ini mengambil sampel dengan metode purposive sampling memakai alat core manual. Kemudian sampel yang didapat dianalisis dengan metode pengayakan dan granulometri, dimana dilakukan perhitungan untuk mencari mean, standar deviasi, skewness, dan kurtosis. Untuk mengetahui sebaran kandungan logam berat besi (Fe) dilakukan uji XRF.

Setelah dilakukan analisis, didapatkan sebaran tekstur sedimen secara dominan dimana semakin kearah bawah didapatkan tekstur sedimen dengan ukuran yang lebih halus, dan sebaliknya semakin keatas atau mendekati permukaan didapatkan tekstur yang lebih kasar, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai granulometri yang dilakukan. Untuk sebaran logam berat besi (Fe), didapatkan hasil dimana pada tekstur sedimen yang lebih halus maka kandungan logam berat besi (Fe) akan lebih tinggi dibanding pada tekstur sedimen yang lebih kasar. Maka dapat disimpulkan sesuai dengan hasil sebaran tekstur sedimen yang telah dilakukan sebelumnya, kandungan logam berat besi (Fe) lebih dominan tersebar di area bawah atau area yang mendekati dasar sungai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SEBARAN TEKSTUR SEDIMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEBARAN KANDUNGAN BESI (Fe) DI WADUK BENANGA, KELURAHAN LEMPAKE, KECAMATAN SAMARINDA UTARA, SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR
Pengarang JOICE YOANA SIAHAAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JOI a 2024
Subyek GRANULOMETRI
Sedimen
Besi (Fe)
XRF
Waduk Benanga
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK GEOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua