PERENCANAAN STRATEGIK KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA GURU DAN KAPASITAS SEKOLAH DI SMPN 3 TENGGARONG
JAMES S. MARPAUNG. Perencanaan Strategik Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Sumber Daya Guru dan Kapasitas Sekolah (dibimbing oleh Prof. Dr. Zaenab Hanim, M.Pd. dan Prof. Dr. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum)
Ketercapaian kualitas pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai salah satu pemimpin pendidikan dalam mengambil sebuah keputusan. Keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan efektivitas kinerja guru dan kapasitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam: (1) perencanaan startegik; (2) implementasi; (3) pengawasan; (4) hambatan dan solusi pada peningkatan mutu sumber daya guru dan kapasitas sekolah. Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Tenggarong. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan dan menggali informasi secara mendalam. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dengan alat bantu seperti pedoman wawancara, catatan lapangan, alat dokumentasi dan lembar observasi. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan tahapan wawancara mendalam kepada para informan yaitu kepala sekolah, guru dan staf tata usaha. Peneliti juga melakukan observasi dan mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Pada saat menganalisis data, peneliti mengumpulkan dan mereduksi data untuk memilih data yang diperlukan, melakukan penarikan kesimpulan dan penyajian data sesuai temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategik peningkatan mutu sumber daya guru dan kapasitas sekolah berjalan dengan baik sesuai forum rapat bersama warga sekolah; (2) implementasi peningkatan mutu sumber daya guru dan kapasitas sekolah dilakukan secara langsung melalui pelaksanaan workshop, diklat, seminar, lanjutan jenjang pendidikan dan karir serta peningkatan sarana prasarana dan membangun kerjasama dengan pihak eksternal; (3) pengawasan kinerja para guru dilakukan secara berkala, terstruktur dan sistematis; (4) efektivitas kepala sekolah sebagai solusi adalah melakukan kiat khusus yaitu visi misi yang jelas, membangun tim kerja yang solid, melakukan pengawasan secara berkala, menggunakan teknologi dalam pembelajaran, membangun kerjasama dengan orangtua dan pihak eksternal. Peneliti menyimpulkan bahwa Pelaksanaan pengembangan mutu sumber daya guru berpengaruh positif terhadap output dan outcome mutu pendidikan. Peran stakeholder sebagai pendukungnya telah sesuai dengan program kerja dan visi misi yang terstruktur serta cemerlang terhadap peningkatan mutu sumber daya guru dan kapasitas sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERENCANAAN STRATEGIK KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA GURU DAN KAPASITAS SEKOLAH DI SMPN 3 TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | JAMES S. MARPAUNG - Personal Name |
No. Panggil | DISERTASI JAM p 2024 |
Subyek | kepemimpinan kepala sekolah Perencanaan strategik peningkatan mutu sumber daya guru kapasitas sekolah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PROGRAM DOKTOR MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY