PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN KODULAR, GOOGLE, DAN WORDWALL PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA UNTUK KELAS VII SMP
Salsabila, Dira. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada Materi Menggunakan Data untuk Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.
Penelitian ini didasari dengan permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 21 Samarinda, yaitu: kesulitan siswa dalam memahami materi menggunakan data, penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika yang masih jarang dilakukan karena keterbatasan sarana pembelajaran berupa LCD proyektor, media pembelajaran yang digunakan belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, serta maraknya penggunaan smartphone dengan sistem operasi Android di kalangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan dan menghasilkan, (2) untuk mengetahui validitas, (3) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tahap define dilakukan melalui analisis kebutuhan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran yang terjadi di SMP Negeri 21 Samarinda, tahap design dilakukan dengan perancangan terhadap produk berupa media pembelajaran matematika berdiferensiasi pada materi menggunakan data menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall yang diberi nama GUNDATA untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, tahap develop dimulai dengan uji validitas aplikasi oleh 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi yang kemudian diuji coba pada siswa kelas VII D untuk mengetahui kepraktisan aplikasi, serta tahap disseminate dilakukan dengan cara pemberian file aplikasi GUNDATA melalui WhatsApp kepada guru matematika untuk disebarkan kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 21 Samarinda; (2) media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat valid” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari validator ahli media sebesar 0,92, serta “sangat valid” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 0,95; (3) media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat praktis” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari peserta didik sebesar 0,83.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN KODULAR, GOOGLE, DAN WORDWALL PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA UNTUK KELAS VII SMP |
---|---|
Pengarang | Dira Salsabila - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIR p 2024 |
Subyek | Media Pembelajaran Kodular Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Menggunakan Data |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY