Detail Cantuman Kembali
Dira Salsabila - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN KODULAR, GOOGLE, DAN WORDWALL PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA UNTUK KELAS VII SMP

Salsabila, Dira. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada Materi Menggunakan Data untuk Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.

Penelitian ini didasari dengan permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 21 Samarinda, yaitu: kesulitan siswa dalam memahami materi menggunakan data, penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika yang masih jarang dilakukan karena keterbatasan sarana pembelajaran berupa LCD proyektor, media pembelajaran yang digunakan belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, serta maraknya penggunaan smartphone dengan sistem operasi Android di kalangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan dan menghasilkan, (2) untuk mengetahui validitas, (3) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D, yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tahap define dilakukan melalui analisis kebutuhan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran yang terjadi di SMP Negeri 21 Samarinda, tahap design dilakukan dengan perancangan terhadap produk berupa media pembelajaran matematika berdiferensiasi pada materi menggunakan data menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall yang diberi nama GUNDATA untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, tahap develop dimulai dengan uji validitas aplikasi oleh 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi yang kemudian diuji coba pada siswa kelas VII D untuk mengetahui kepraktisan aplikasi, serta tahap disseminate dilakukan dengan cara pemberian file aplikasi GUNDATA melalui WhatsApp kepada guru matematika untuk disebarkan kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 21 Samarinda; (2) media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat valid” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari validator ahli media sebesar 0,92, serta “sangat valid” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 0,95; (3) media pembelajaran matematika berdiferensiasi menggunakan Kodular, Google, dan Wordwall pada materi menggunakan data yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat praktis” dengan nilai indeks Aiken V yang diperoleh dari peserta didik sebesar 0,83.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN KODULAR, GOOGLE, DAN WORDWALL PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA UNTUK KELAS VII SMP
Pengarang Dira Salsabila - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIR p 2024
Subyek Media Pembelajaran
Kodular
Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi
Menggunakan Data
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua