Detail Cantuman Kembali

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DANA SEBAGAI DOMPET ELEKTRONIK DENGAN METODE FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS: KOTA SAMARINDA)

Kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai aktivitas manusia dapat dilakukan dengan cara yang lebih modern, tak tekecuali dalam melakukan sebuah transaksi. Metode pembayaran modern yang giat dikembangkan saat ini adalah dengan menggunakan dompet elektronik (e-wallet). Dompet elektronik dinilai memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu mempermudah aktivitas terkait keuangan. Banyaknya kelebihan yang dapat ditawarkan oleh penyedia layanan dompet elektronik membuat penggunaan dompet elektronik semakin berkembang. Namun, di balik semua kelebihannya, dompet elektronik tentu saja memiliki kekurangan. Berdasarkan kuesioner pra penelitian yang telah disebarkan, dompet elektronik yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Kota Samarinda adalah DANA. Penelitian ini mengukur sejauh mana tingkat kepuasan pengguna DANA dalam memanfaatkan aplikasi tersebut. Penelitian ini mengumpulkan sebanyak 271 data responden pengguna DANA di Kota Samarinda. Variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna adalah variabel yang terdapat pada metode Servqual, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Setelah melalui uji validitas dan uji reliabilitas, data kemudian diolah dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani melalui 4 tahap, yaitu membentuk himpunan fuzzy atau disebut juga proses fuzzifikasi, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Diperoleh nilai tingkat kepuasan pengguna DANA dari hasil perhitungan manual dan menggunakan bantuan Matlab R2023a sebesar 81 dimana nilai ini tergolong ke dalam kategori Puas dan Sangat Puas dengan derajat keanggotaan Puas sebesar 0,267 dan Sangat Puas sebesar 0,733.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DANA SEBAGAI DOMPET ELEKTRONIK DENGAN METODE FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS: KOTA SAMARINDA)
Pengarang ERINDA NOVTARIKA ILAIDHA HERMAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERI a 2024
Subyek fuzzy mamdani
Kepuasan Pengguna
SERVQUAL
Dana
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua