Detail Cantuman Kembali
Muhammad Fikri Arbian - Personal Name

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG

Muhammad Fikri Arbian, 2024. Pengembangan E-Modul Berbasis Website Menggunakan Book Creator Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Hasil penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dewi Rosita, S.Kom, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Eko Subastian, S.Pd, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis website menggunakan Book Creator pada mata pelajaran informatika kelas X, kelayakan emodul, serta respons terhadap e-modul yang peneliti kembangkan di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang dan sampel menggunakan 163 orang peserta didik dan 1 orang guru informatika. Media pengembangan dalam penelitian ini menggunakan software Microsoft office word 2019, canva, quizizz, google form, google colab, dan Book Creator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan literatur riview, dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam mengolah hasil validasi dan angket respons dikonversi menjadi sebuah persentase dan diketahui tingkat kualifikasi yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan peneliti dilakukan validasi 3 ahli media memperoleh persentase ratarata 90,48% dengan kategori “Sangat Valid”. Validasi 1 ahli materi memperoleh persentase rata-rata 97,62% dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil validasi media dan materi, didapatkan persentase rata-rata sebesar 92,24% dengan kriteria validitas “Sangat Valid” dan layak untuk digunakan. Kemudian dilakukan pengambilan respons mendapat hasil respons dari guru informatika dengan persentase rata-rata sebesar 99% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respons peserta didik rata-rata sebesar 86% dengan kriteria “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan e-modul berbasis website menggunakan Book Creator pada mata pelajaran informatika yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D dinyatakan layak, serta respons guru dan peserta didik yang masuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Pengarang Muhammad Fikri Arbian - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2024
Subyek E-Modul
BOOK CREATOR
Model 4D
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua